Kecamatan Muara Padang, Kabupaten Bayuasin, Sumatera Selatan

Minggu, 27 Mei 2012

Kuliah Atau Kerja ?

Kuliah atau Kerja ? 
pertanyaan itu sering kali muncul saat kita akan atau telah selesai pendidikan, biasanya saat kelulusan SMA/SMK/MA. Seperti penulis pernah alami, hal tersebut memang mengganggu pikiran dan waktu-waktu itu kita akan mencoba mengambil keputusan yang bisa dibilang menentukan masa depan kita. Memang dirasa sangatlah berat bagi kita untuk mengambil keputusan itu, tapi penulis mencoba membantu/memberi saran bagaimana kita harus bersikap.

Kuliah memang membutuhkan biaya yang tidak sedikit, sebaiknya dibicarakan bersama orang tua. Saran dari orang tua atau yang lainnya juga harus kita pertimbangkan. Jika orang tua meminta anda untuk kuliah, sebaiknya anda ikuti karena tentunya orang tua sudah memperhitungkan soal biaya, dengan catatan : "anda harus benar-benar kuliah agar bisa membahagiakan orang tua". Carilah informasi tentang Beasiswa dan tempat kuliah dengan biaya terjangkau. Ketika sudah kuliah, bisa saja anda memikirkan untuk sambil bekerja tapi harus memperhitungkan pembagian waktu. Ambil pekerjaan yang tidak menyita banyak waktu atau yang kerja bergiliran berdasarkan waktu. 

Atau anda ingin bekerja terlebih dahulu, setelah telah mencukupi dana/biaya untuk masuk kuliah, barulah anda mendaftar. Dan bisa juga setelah itu anda kuliah sambil bekerja.

Dengan cara ini kuliah tidak terganggu dan bisa meringankan beban orang tua. Tapi tetap, kuliah adalah prioritas utama. Kuliah sambil kerja bisa memotivasi diri untuk sukses, tetapi sebaiknya dilakukan di tahun ke-2 setelah kuliah. 


MAN JADDA WAJADA!!!
Kalimat ajaib berbahasa Arab ini bermakna ringkas tapi tegas:
Siapa yang bersungguh-sungguh, akan berhasil
 

Berikut beberapa saran jika anda ingin kuliah atau bekerja

Jika ingin Kuliah anda harus mempersiapkan beberapa hal diantaranya :
1. Sesuaikan dengan minat, bakat dan cita-cita
Bagi yang telah memiliki cita-cita tertentu, maka lihatlah jurusan apa yang dapat membawa menuju profesi atau pekerjaan yang diinginkan tersebut. Mengembangkan bakat yang sudah ada disertai dengan rasa suka dan cita-cita pada suatu jurusan studi akan menjadi pilihan yang tepat. 

2.  Mencari informasi
Carilah informasi yang banyak sebagai bahan pertimbangan anda untuk memilih jurusan, baik itu  dari banyak sumber seperti orang tua, saudara, guru, teman, bimbel, tetangga, konsultan pendidikan, kakak kelas, teman mahasiswa, profesional, Internet dan lain sebagainya. Jangan mudah terpengaruh dengan orang lain yang kurang menguasai informasi atau ikut-ikutan teman / trend.  Semua informasi yang didapat dirangkum dan dijadikan bahan untuk membantu memilih jurusan. 

3. Menentukan lokasi dan biaya

Pilihlah lokasi kuliah yang dekat dengan tempat tinggal atau lokasi luar kota yang memiliki biaya hidup yang rendah. Pilih juga tempat kuliah yang biaya pendidikan tidak terlalu tinggi.

4. Coba ikuti seleksi masal yang murni seperti UMPTN, SPMB, Sipenmaru dan lain sebagainya.

Setelah itu , " Biarkanlah hati dan akal sehat anda bicara tanpa adanya campur tangan dari orang lain. Konsultasikan dengan orang tua dan orang lain yang anda percayai. Pemilihan jurusan kuliah sangat menentukan masa depan anda".
--------------------------------------------------------------
Jika ingin Kerja
 anda harus mempersiapkan beberapa hal diantaranya :
1.
 Mencari informasi
Carilah informasi tentang apa persyaratan untuk melamar pekerjaan dan di mana anda bekerja, baik itu dari koran, teman/kerabat, internet, dsb. Tanyakan hal ini dengan orang-orang yang telah berpengalaman dalam hal pekerjaan. 

2. Ambil pekerjaan apapun posisinya
Jika Anda mendapatkan suatu pekerjaan dengan posisi yang bukan Anda harapkan, sebaiknya Anda tidak menolak tawaran tersebut. Anda sebaiknya harus berpikir terlebih dahulu sebelum Anda menolaknya. Jika Anda mendapatkan tawaran pekerjaan tetapi bukan dengan posisi yang disukai, setidaknya jika diterima, Anda akan menjadi seorang pekerja atau karyawan dan bukan lagi sebagai pengangguran. Dengan begitu untuk ke depannya jika Anda ingin mencari pekerjaan yang lain yang sesuai dengan keinginan Anda, pekerjaan tersebut bisa jadi referensi sehingga bisa memudahkan Anda nantinya.

3. Harus mempunyai mental
Jika anda memasuki dunia kerja, sebaiknya anda mempersiapkan mental anda, karena dalam dunia kerja kita dituntut untuk bekerja secara disiplin / profesional yang menguras tenaga, waktu dan perasaan. Jangan mudah menyerah, jadikan teguran sebagai penyemangat untuk dapat lebih baik.

4. Belajar dan bergaul
Jangan pernah malu untuk belajar, perbaiki terus kemampuan kerja anda, baik menyangkut masalah efektif maupun efisiennya. Belajarlah hal-hal yang dalam dalam pekerjaan anda, jadikan anda sebagai yang paling dulu tahu tentang update pekerjaan. Carilah teman-teman yang dapat mendukung anda dalam pekerjaan, bergaullah dengan orang-orang yang dapat menghargai waktu kerja. Pilihlah teman-teman yang baik, tidak harus banyak tetapi anda bisa bermanfaat untuknya dan teman anda dapat bermanfaat untuk anda.

Uraian di atas didapat dari pengalaman penulis dan dari sumber-sumber.
Dan bila ada saran yang lain, bisa anda komentar.
Saran dan Kritik yang membangun KAMI butuhkan.
SEMOGA BERMANFAAT.

imamupa@ymail.com
Blog : imamupa.blogspot.com
FB : ikatan mahasiswa muara padang
Sumber :



Tidak ada komentar:

Posting Komentar